Apa Essensial Oil Itu?

Apa Essensial Oil Itu? Essential oil adalah konsentrat minyak yang didapatkan melalui proses tertentu dari berbagai bagian tanaman. Essential oil didapat dari hasil ekstraksi batang, bunga, dan, biji, buah, dll dengan proses/langkah pembuatan yang spesifik dan berdasarkan hasil penelitian mendalam.

Karena sifatnya yang berupa konsentrat atau ekstrak, penggunaan essential oil tidak memerlukan jumlah yang banyak. Jika kualitasnya bagus, biasanya 1 sampai dengan 5 tetes juga sudah cukup. Tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing ya..

Di kita, essential oil dikenal dengan nama minayk esensial atau minyak atsiri.

Essential Oil bisa di campur dengan yang lain?

Essential oil juga bisa dicampur (diluted) jika kita inginkan. Tujuannya? biar tidak terlalu ‘kuat’ aroma ataupun efeknya. Biasanya minyak esensial dicampurkan dengan solvent lain jika akan digunakan untuk bayi atau anak kecil.

Beda dengan orang dewasa, bayi dan anak kecil cenderung lebih sensitif sehingga amat disarankan tidak langsung menggunakan essential oil secara murni. Terutama kalau menggunakan minyak esensial yang bersifat panas/hot oil.

Lihat di sini untuk cara menggunakan essential oil

Kualitas Essential Oil

Kualitas dari essential oil amat dipengaruhi oleh proses pembuatannya. Tidak setiap essential oil memiliki efek kesehatan. Banyak juga produk minyak atsiri yang ternyata hanya berfungsi sebagai wewangian saja.

Oleh karena itu, ada baiknya kita melihat dulu tujuan menggunakan essential oil ini. Untuk pewangi sajakah? untuk aroma terapi? ingin mendapatkan efek kesehatan?

Dari situ, baru kita memilih jenis produk apa yang baiknya kita gunakan.

Di Young Living Indonesia, semua produk essential oil yang dibuat memiliki kualitas Pure Theurapeutic Grade. Sehingga produk Young Living essential oil bisa memberikan efek kesehatan yang lumayan. Selain itu, proses produksinya sudah modern dan dengan standarisasi tinggi, sehingga hasil akhir produknya berkualitas tinggi.

Saya sendiri menggunakannya untuk pemakaian pribadi, anak bayi saya, dan juga suami.. Sejauh ini efeknya positif banget 🙂

Essential Oil Dan Aroma Terapi

Salah satu penggunaan umum dari essential oil adalah dalam aroma terapi. Dengan jenis minyak esensial yang tepat, takaran yang pas, dan penggunaan yang benar, efek aroma terapi menggunakan minyak atsiri bakal terasa banget.

Ngga cuma buat meringankan penyakit, bisa juga digunakan harian untuk meringankan stress dan menyegarkan tubuh lho.

Silahkan baca artikel kami lainnya seputar apa itu essential oil dan manfaatnya untuk kita..

Apa Essensial Oil Itu?
5 (100%) 2 votes

Leave a Reply