Cara Menggunakan Essential Oil Young Living

Cara menggunakan essential oil sebenarnya mudah. Hanya saja kita sering bingung karena membaca berbagai sumber dari internet yang informasinya beragam.

cara menggunakan essential oil

Nah, disini kita akan bahas bagaimana cara menggunakan minyak esensial, terutama produk dari Young Living Essential Oil Indonesia.

Cara Menggunakan Essential Oil

  • Dengan di hirup
  • Dioleskan pada kulit
  • Konsumsi/di minum
  • Menggunakan media Bantuan

Penjelasannya sebagai berikut;

1. Menggunakan Essential Oil Dengan Cara Di Hirup

Kita bisa menggunakan essential oil dengan cara di hirup aromanya. Bisa langsung dari botol, atau bisa juga diteteskan terlebih dulu ke media lain seperti kain.

Pemakaian praktisnya semisal kita menggunakan essential oil lavender untuk membuat tubuh rileks. Kita bisa saja meneteskannya ke kain, bantal, atau media lain lalu kitu hirup uapnya sambil tiduran.

2. Dioleskan Langsung Ke Kulit

Pada kondisi tertentu, bisa juga langsung mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit agar khasiatnya lebih terasa. Biasanya digunakan untuk membantu mengatasi bekas gigitan serangga, jerawat, membantu mengobati luka luar, dan lain-lain.

Perlu di ingat! Penggunaan pada bayi dan dewasa berbeda. Karena lebih sensitif, penggunaan pada bayi dan anak kecil disarankan untuk menggunakan campuran lain untuk melarutkan minyak esensial agar tidak terlalu kuat. Umumnya dioleskan ke bagian kening, leher, telapak kaki, punggung kaki, belakang telinga, pergelangan tangan atau kaki, dan tempat lain yang dibutuhkan.

Pastikan juga kita ngga berlebihan dalam menggunakannya ya..

Produk Young living Essential Oil Indonesia ada yang langsung berupa roll on, jadi praktis digunakan. Selain itu, jika menjadi member ada banyak tips penggunaan minyak esensial untuk keluarga lho..

3. Di Konsumsi/Di minum

Ada juga cara menggunakan essential oil yang di minum. Untuk yang satu ini, kita harus hati-hati. Harus yakin betul produk yang digunakan aman dan sudah lolos uji klinis untuk penggunaan internal. Selain itu dosisnya juga harus diperhatikan.

Sebisa mungkin jangan coba-coba untuk penggunaan dengan cara ini ya. Penggunaan yang umum biasanya;

  • 1-2 tetes dicampur dengan segelas air putih ataupun juice.
  • 1-2 tetes pada roti atau makanan lain.
  • 1-2 tetes pada sendok lalu diminum langsung

4. Menggunakan Media Bantuan

Essential oil juga bisa dipakai dengan menggunakan media bantuan lain. Misalnya saja dengan menggunakan diffuser.

Dengan bantuan difusser, essential oil dicampurkan dengan air lalu nantinya akan diubah menjadi uap. Uap inilah yang memberikan efek aroma terapi ke tubuh kita. Tergantung jenisnya, alat diffuser bisa digunakan di kamar ataupun ruangan yang lebih lega.

Selain itu, bisa juga kita gunakan minyak esensial saat mandi/berendam di bathtub. Campurkan beberapa tetes essential oil ke air hangat di bathtub, lalu gunakan untuk berendam.

Cara Aman Menggunakan Essential Oil Young Living

Berikut ini langkah menggunakan young living oil agar aman;

  • Jangan gunakan terlalu banyak dalam sekali pakai. Karena berupa konsentrat, beberapa tetes juga sudah cukup. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada pengguna yang lain.
  • Khusus untuk bayi dan anak-anak, cari informasi terlebih dulu dalam penggunaannya. Terutama saat menggunakan minyak esensial yang bersifat panas (hot oil).
  • Saat mencoba, gunakan sedikit dikulit (sisi lengan, sisi dalam sikut) dan lihat dulu reaksinya. Jika terasa panas dan merah kulitnya gunakan minyak nabati untuk membersihkan. Jangan gunakan air karena efeknya akan lebih terasa. Reaksi setiap orang berbeda-beda sehingga lebih baik kita tes lebih dulu sebelum pemakaian lebih lanjut.
  • Jangan meneteskan essential oil ke dalam telinga.
  • Jika hamil atau berencana untuk hamil, konsultasikan terlebih dulu sebelum menggunakan essential oil. Ada beberapa jenis essential oil yang tidak disarankan untuk ibu hamil.

Btw, silahkan hubungi kami ya jika ingin beli Young living essential oil, jangan sungkan untuk sekedar bertanya-tanya 😉

Cara Menggunakan Essential Oil Young Living
5 (100%) 2 votes

Leave a Reply